• Telepon: 085600923313 | BBM: D2968EBC | Email: sablonjogjaID@gmail.com
  • Perbedaan Sablon Manual dan Digital yang Harus Diketahui

    Perbedaan Sablon Manual dan Digital
    Perbedaan Sablon Manual dan Digital yang Harus Diketahui -
    Sebelumnya Sablon Satuan Jogja telah membahas baik itu asal-usul sejarah kaos, perbedaan jenis kain cotton combed dan carded. Kali ini kan bahas tuntas dengann jenis sablonnya. Poin penting perbedaan sablon manual dan digital yang harus diketahui oleh Anda yaitu pada metode cetak yang diterapkan dan peralatan yang dibutuhkan. Sablon manual memakai metode cetak dengan alat saringan dari nylon, polyester, dan kain sutra. Sedangkan sablon digital memakai alat atau piranti elektronik yang disebut printer untuk proses mencetak.

    Sablon manual
    Sablon manual (screen printing) disebut  juga cetak saring. Teknik cetak yang dipakai dengan alat saringan dari bahan kain sutra, nylon, polyester, dll yang dianyam pada sebuah bingkai kayu. Bahan saringan ini memiliki pori-pori yang dapat ditembus oleh tinta dan dapat keluar yang nantinya membentuk pola desain yang sudah dibuat. Pola desain ini ada di screen printing yang dibuat terlebih dahulu dengan cara mengafdruk atau memfilmkan pola desain. Media cetak yang dipakai bisa beragam, mulai dari kertas, kain, kaca, plastik, kaos, dll.

    Cara proses cetaknya tinggal menyiapak kaos yang akan disablon, lalu masukkan ke dalam tatakan tripleks ke bagian dalam kaos. Letakkan screen atau kasa sablon ke atas permukaan kaos, selanjutnya tuang tinta di pinggir gambar sisi atas yang menghadap objek gambar. Selanjutnya tariklah tinta sablon ke arah bawah memakai rakel bertekanan rata dalam sekali tarikan. Selesai sudah cara sablon manual ini.

    Sablon digital
    Sablon digital menerapkan proses cetak memakai seperangkat mesin elektronik yang disebut printer dan komputer. Bahan materi yang dicetak bisa berupa kertas, kaos, plastik, dll. Ragam jenis sablon digital, antara lain: transfer paper, flock, direct to garment (DTG), dll. Untuk Flock tak memakai printer, tapi diganti dengan mesin plotter untuk membentuk pola. Untuk direct to garment merupakan cara sablon digital yang termutkhir yang dilengkapi dengan software khusus. Tinta yang dipakai juga khusus.

    Itulah perbedaan sablon manual dan digital yang harus diketahui oleh Anda. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Sampai saat inipun, metode sablon yang banyak dipakai yaitu masih sama berimbang antara sablon manual dan sablon digital. Mungkin itu dulu artikel kami satu ini, semua proses sablon manual dan digital menggunakan print dtg kami bisa melayani dengan sempurna. Maka dari itu, jika Anda ingin mencoba memesannya walaupun hanya satu buah, Anda tetap bisa memesannya. Untuk memesannya, silahkan klik jasa produksi kaos sablon satuan . Terimakasih.

    Anda sedang membaca artikel tentang Perbedaan Sablon Manual dan Digital yang Harus Diketahui dan anda bisa menemukan artikel Perbedaan Sablon Manual dan Digital yang Harus Diketahui ini dengan url http://www.konveksijogjaid.com/2016/12/perbedaan-sablon-manual-dan-digital.html, Anda boleh menyebar-luaskannya jika artikel Perbedaan Sablon Manual dan Digital yang Harus Diketahui ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Perbedaan Sablon Manual dan Digital yang Harus Diketahui sebagai sumbernya.