• Telepon: 085600923313 | BBM: D2968EBC | Email: sablonjogjaID@gmail.com
  • Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual

    Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual
    Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual
     Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual -
    Setidaknya ada beberapa alat sablon manual yang harus dimiliki supaya hasil sablonan berkualitas baik. Ada sebanyak 10 alat sablon manual yang harus tersedia, antara lain: screen dan rakel, obat afdruk, tinta sablon, biang warna, catalis, kotak penyinaran, penyemprot screen, meja sablon, kain, dan mesin press. Masing-masing alat memilik peran dan fungsi sendiri untuk bisa menghasilkan kualitas sablon terbaik. Saat ini juga kami Konveksi Jogja dengan blog konveksijogjaid.com ini memberikan info tentang alat sablon manual. Langsung saja dibaca ya.

    Beberapa alat sablon manual yang harus dimiliki, antara lain:
    Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual
    Alat Sablon Manual
    1.    Screen dan rakel
    Screen yaitu wadah tempat untuk melakukan proses pencetakan gambar. Screen ini biasanya terbuat dari kain berbentuk kotal kecil dengan rangkanya berupa kayu atau aluminium. Rakel itu sendiri yaitu alat yang dipakai untuk menggosok tinta ke kain untuk memperoleh gambar yang diinginkan menempel ke kain. Screen dan rakel merupakan satu kesatuan.

    2.    Obat afdruk
    Obat afdruk ini membantu untuk menjiplak gambar ke dalam kain screen dengan teknik penyinaran. Obat afdruk ini selalu bersama dengan sensitizer. Untuk menghasilkan kualitas sablon terbaik, perbandingan pencampuran obat afdruk dengan sensitizer sebesar 9:1.

    3.    Tinta sablon
    Tinta sablon harus ada karena menentukan kualitas hasil sablon juga. Di pasaran, tersedia beragam kualitas.

    4.    Biang warna
    Biang warna dasar terdiri atas merah, kuning, biru, dan hitam. Dari warna dasar tersebut bisa dihasilkan perpaduan warna turunannya. Missal saja, warna hijau berasal dari campuran warna kuning dengan biru.

    5.    Catalis
    Fungsi catalis ini yaitu mengawetkan hasil afdrukkan supaya tak mudah luntur ketika proses cuci screen.

    6.    Kotak penyinaran
    Kotak penyinaran berfungsi dalam proses menjiplak gambar ke kain screen dengan cara penyinaran.

    7.    Penyemprot screen
    Setelah proses screen selesai, alat penyemprot screen ini dipakai.

    8.    Meja sablon
    Meja sablon memudahkan proses penyablonan untuk 3-4 lapisan sehingga menghasilkan sblon yang cerah dan tebal.

    9.    Papan kain atau kaos
    Fungsinya sebagai wadah dan tempat melakukan proses pencetakan.

    10.  Hairdryer / Hotgun
    Fungsi dari alat ini adalah untuk pengeringan cat yang ada di kain itu sendiri

    Itulah peralatan dan perlengkapan sablon manual yang harus dimiliki oleh Anda supaya bisa menghasilkan sablonan berkualitas tinggi. Terlebih-lebih bagi Anda yang akan membuka usaha sablon sendiri. Memulai dari sablon manual akan membuat ketrampilan menyablon lebih mumpuni bila dibandingkan sablon digital yang lebih banyak diperankan oleh mesin.

    Sekian dulu informasi dari Konveksi Kaos Jogja, jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami. Oh iya, sebelumnya kami telah membahas tentang Perbedaan Sablon Manual dan Digital. Silahkan klik Perbedaan Sablon Manual dan Digital yang Harus Diketahui. Terimakasih.

    Anda sedang membaca artikel tentang Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual dan anda bisa menemukan artikel Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual ini dengan url http://www.konveksijogjaid.com/2017/02/inilah-peralatan-perlengkapan-sablon-manual.html, Anda boleh menyebar-luaskannya jika artikel Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Inilah Peralatan dan Perlengkapan Sablon Manual sebagai sumbernya.