• Telepon: 085600923313 | BBM: D2968EBC | Email: sablonjogjaID@gmail.com
  • Teknik Jitu Mencuci Sablon DTG Supaya Awet


    Teknik Jitu Mencuci Sablon DTG Supaya Awet

    Macam-macam jenis sablon sangatlah banyak, tergantung masing-masing selera orang yang ingin menggunakannya.

    Apakah kalian tahu apa saja macam-macam jenis sablon yang sering digunakan ?

    Buat kalian yang suka dengan dunia kaosatau totebag sablon pasti tahu dong jenis-jenis sablon yang sering digunakan.

    Salah satunya yaitu ada jenis sablon DTG, nah sekarang saya akan fokus menjelaskan apa itu sablon DTG dan bagaimana cara mencucinya agar sablon tetap awet dan tidak mudah rusak.

    Kalian yang suka pakai macam-macam sablon pastinya tahu dong apa itu jenis sablon DTG?

    Jadi DTG adalah singkatan dari Direct to Garment. Direct to Garment adalah sebuah proses dimana gambar dicetak langsung kedalam kaos.

    Dalam proses pengerjaan nya, sablon DTG membutuhkan mesin digital/printer.

    Sebagai pengguna tidak hanya bisa menggunakan tapi kita juga harus mampu menjaga dan merawatnya.

    Maka dari itu dikesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara atau teknik jitu dalam mencuci sablon DTG supaya awet dan tetap rapi




    Yuk kita simak !

    1-   Jangan Direndam Terlalu Lama
    Teknik pertama dalam mencuci sablon DTG yaitu dengan tidak direndam terlalu lama. Dalam proses perendaman untuk kaos atau totebag baru maksimal waktu perendaman adalah 30 menit. Kemudian untuk kaos atau totebag baru maksimal waktu perendaman yaitu satu jam. Diusahakan jangan sampai melewati batas waktu maksimal. Kemudian jangan dicuci dengan detergen yang terlalu banyak, karena penggunakan detergen yang terlalu banyak dapat membuat sablonan cepat rusak dan terkelupas.

    2-  Pisahkan Saat Dicuci
    Usahakan saat mencuci dipisah dengan warna-warna yang kuat seperti hitam, merah, biru dan yang lainnya, pisahkan dengan apapun yang berwarna putih.

    3-  Jangan Disikat
    Kaos yang dibikin dari bahan cutton mempunyai tekstur yang lembut dan mudah rusak jika mencuci tidak hati-hati. Maka dari itu usahakan tidak menyikat kaos dengan jenis ini, selain akan merusak baju proses pencucian dengan cara menyikat ini juga dapat merusak jenis sablonnya. Kemudian jangan mengucek kaos jenis ini karna akan mengoyak sablon pada kaos ini.

    --   Jemur Terbalik
    Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari sangat mudah merusak warna kaos atau totebag dan warna sablon. Warna kaos atau totebag akan cepat pudar jika terlalu sering terpapar sinar matahari. Maka dari itu jemurlah pakaian dengan posisi terbalik bagian dalam menghadap luar dan bagian luar berada didalam.

    5-  Jangan Digantung
    Usahakan ketika menjemur jangan digantung menggunakan hanger karena ini akan mebuat bagian kerah dan lengan mudah melar.

    6-  Hindari Pemutih
    Hindari mencuci kaos atau totebag DTG dengan bahan pemutih, karena bahan pemutih ini dapat menjadikan sablon DTG menjadi luntur.

    7-  Hindari Mencuci Menggunakan Mesin Cuci
    Mencuci kaos atau totebag menggunakan mesin cuci akan membuat kaos atau totebag cepat melar, pori-pori kain menjadi kasar dan sablon akan menjadi rusak. Maka dari itu diusahakan mencuci kaos atau totebag dengan jenis sablon ini dengan cara manual. Selain itu jika memakai mesin cuci saat berputar maka kaos akan mengalami gerakan tari ulur atau gesekan yang akan membuat kaos menjadi mudah melar.

    8-   Setrika
    Usahakan setelah mencuci dan menjemur, pakaian selalu disetrika agar kaos lebih awet. Pastikan pakaian dalam keadaan benar-benar kering saat disetrika. Diusahakan posisi setrika dalam keadaan panas yang sedang. Kemudian untuk warna kaos selain putih hindari menyetrika di bagian sablon.

    9-  Noda
    Jika pakaian atau totebag kesayangan anda terkena noda maka segeralah cuci di bagian noda tersebut dengan menggunakan sabun/ shampoo agar noda cepat hilang dengan cara digosok dengan halus dan hati-hati. Kemudian bilas dengan air bersih sampai nodanya hilang.

    1-  Kaos Keren Tidak Untuk Tidur
    Jika anda ingin kaos anda awet dan tidak cepat rusak maka hindari memakai kaos kesayaangan anda ketika anda tidur karena itu akan membuat kaos cepat rusak dan mudah kotor khususnya untuk bagian kerah kaos itu sendiri.

    -  -  Pakailah Seperlunya
    Diusahakan pakailah kaos kesayangan anda itu di saat-saat yang penting saja seperti saat anda ingin bergaya. Jangan terlalu sering memakai kaos itu agar tidak cepat kotor dan kusam karena terlalu sering dicuci. 

    Nah itu dia penjelasan tentang jeis sablon DTG dan bagaimana teknik jitu dalam mencuci sablon DTG supaya awet. Jadi untuk kalian yang suka dan sering memakai kaos yang bersablon jenis DTG maka usahakan selalu menjaga dan merwat kaosnya dengan baik agar tdidak mudah rusak dan selalu awet. 

    Sumber           : https://japanesian.id
                             http://apeyeproject.blogspot.co.id


    Anda sedang membaca artikel tentang Teknik Jitu Mencuci Sablon DTG Supaya Awet dan anda bisa menemukan artikel Teknik Jitu Mencuci Sablon DTG Supaya Awet ini dengan url http://www.konveksijogjaid.com/2017/12/Teknik-Jitu-Mencuci-Sablon-DTG-Supaya-Awet.html, Anda boleh menyebar-luaskannya jika artikel Teknik Jitu Mencuci Sablon DTG Supaya Awet ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Teknik Jitu Mencuci Sablon DTG Supaya Awet sebagai sumbernya.