• Telepon: 085600923313 | BBM: D2968EBC | Email: sablonjogjaID@gmail.com
  • Alat-Alat Sablon Manual Yang Wajib Dimiliki




    Alat-Alat Sablon Manual Yang Wajib Dimiliki 

     Selamat pagi,

    Kali ini saya akan mengulas dan menjelaskan tentang apa saja alat-alat sablon manual yang wajib dimiliki. Untuk anda yang termasuk orang yang tertarik dibidang sablon, maka kali ini anda akan saya ajak untuk menyimak tentang apa saja alat-alat sablon manual yang wajib dimiliki. Termasuk anda yang masih pemula dalam bidang sablon, maka anda harus luangkan waktu anda sebentar untuk menyimak artikel ini.


    1.    Screen Sablon
    Screen sablon merupakan alat utama saat proses penyablonan. Alat ini umumnya terbuat dari kayu, namun ada juga yang terbuat dari alumunium. Screen sablon ini juga dilapisi menggunan kain yang dibuat khusus sebagai kain sablon. Screen sablon ini berfungsi sebagai alat untuk mencetak film yang sebelumnya sudah dilapisi afdruk dan screen akan mencetak gambar design yang ajan di aplikasikan pada kaos menggunakan Rakel.

    2.    Rakel Sablon
    Rakel sablon merupakan alat yang digunakan sebagai penyapu tinta. Alat ini adalah salah satu alat yang juga harus ada saat akan menyablon. Rakel sablon ini digunakan untuk menyapu tinta yang akan mencetak gambar pada screen yang sudah menjadi film sablon.

    3.    Meja Sablon+Ragum (catok)
    Meja sablon dan Ragum (catok/alat penjepit) juga merupakan alat yang wajib dimiliki saat akan menyablon secara manual. Alat ini berfungsi sebagai penyangga dan tatakan untuk screen agar dapat mencetak gambar pada kaos menjadi lebih rapih.

    4.    Papan Kaos
    Peran papan kaos dalam proses penyablonan juga sangat penting karena fungsi dari papan kaos ini sendiri adalah sebagai pembatas kaos agar tinta di kaos bagian depan tidak tembus ke belakang. Kemudian papan kaos ini juga mempermudah agar kaos tetap rata dan posisinya.

    5.    Alat Afdruk Neon Panjang
    Alat afdruk neon panjang ini merupakan alat pengganti cahaya matahari yang digunakan untuk memanggang film yang sudah ditempel pada screen. Alat ini merupakan alat yang sangat penting karena sebagai penentu Film akan memenpel dengan jelas atau tidak dialat screen nantinya.

    6.    Alat Semprot Air
    Alat ini digunakan untuk memperjelas gambar yang sudah tercetak pada screen melalui proses afdruk.

    7.    Hair Dryer
    Hair dryer berfungsi untuk mengeringkan tinta pada kaos yang baru saja selesai dicetak menggunakan screen dan rakel. Hal ini dilakukan agar tinta tidak meluber dan tidak menyebabkan cacat pada kaos.

    8.    Alat Press
    Alat press ini berfungsi untuk membuat hasil cetakan menjadi semakin mengkilat. Alat ini juga berfungsi untuk membuat hasil sablon menjadi lebih tampak.

    9.    Kertas Kalkir
    Kertas kalkir ini berfungsi untuk mencetak gambar agar menjadi film untuk diaplikasikan pada screen. Sebenarnya menggunakan kertas hvs pun jadi namun kertas ini lebih baik dari kertas hvs karena kertas ini dapat membuat gambar akan terlihat lebih jelas dan lebih melekat.

    10.  Obat Afdruk
    Obat afdruk ini berfungsi untuk di aplikasikan pada screen sablon yang akan mencetak gambar melalui proses photo kimia atau photo emulsion.

    11.  Gelas+Batang Pengaduk
    Gelas dan batang pengaduk ini berfungsi untuk menyatukan warna dengan bahan-bahan tinta, mengaduk obat afdruk dan lainnya.


    12.  Tinta-tinta Sablon
    Tinta sablon ini merupakan amunisi yang memberikan warna pada sablon.

    13.  Minyak M3/M4
    Minyak ini berfungsi untuk membantu mencairkan tinta sablon yang diaduk secara bersama.

    14.  Lem Pelengket Papan Kaos
    Lem pelengket papan kaos ini berfungsi sebagai perekat antara kaos dan papannya agar kaos dapat menempel melar merapat pada papan, sehingga saat proses cetak baju tidak akan kusut dan dapat sesuai dengan yang diaplikasikan pada bagian bidang kaos yang ingin dicetak.

    15.  Lem Solasiban Transparan
    Alat ini sangat diperlukan saat proses sablon manual karena sering terjadinya screen yang bocor. Selain itu solasiban juga digunakan untuk memblok gambar yang sudah tidak digunakan.

    16.  Gunting
    Gunting dibutuhkan untuk menggunting gambar-gambar sablon yang berbeda-beda.

    17.  Busa, Dus dan Batu Bata
    Alat-alat ini berfungsi sebagai penindih screen pada saat proses pemanggangan agar mendapatkan hasil gambar yang tercetak pada screen film sablon menjadi nyata dan mudah dalam proses penyemprotan nanti.

    18.  Ember dan Lap Kain
    Jangan lupa sediakan ember dan kain juga untuk menjaga kebersihan dari sisa-sisa tinta sablon.

    19.  Soda Api dan Cairan Pembersih
    Saat proses sablon sudah selesai maka screen butuh untuk dibersihkan dari gambar sablon yang sebelumnya, sehingga cairan pembersih soda api ini berfungsi untuk menghilangkan film sablon afdruk yang melekat pada screen.
    20.  Kertas Kosong
    Kertas ini berfungsi saat proses penyetrikaan karena kertas akan ditaruh di atas kaos sebagai tatakan untuk menyeterika gambar agar gambar tidak melekat pada alat seterikaan nantinya.

    Itu dia penjelasan tentang apa saja alat-alat sablon manual yang wajib dimiliki terutama untuk pemula. Semoga bermanfaat ya guys..

    Sumber                       : http://sablon.lihatdanpelajari.com 

    Anda sedang membaca artikel tentang Alat-Alat Sablon Manual Yang Wajib Dimiliki dan anda bisa menemukan artikel Alat-Alat Sablon Manual Yang Wajib Dimiliki ini dengan url http://www.konveksijogjaid.com/2017/12/alat-alat-sablon-manual-yang-wajib.html, Anda boleh menyebar-luaskannya jika artikel Alat-Alat Sablon Manual Yang Wajib Dimiliki ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Alat-Alat Sablon Manual Yang Wajib Dimiliki sebagai sumbernya.